Kenali Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

1 min read

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia – Kucing Anggora dan Persia merupakan dua jenis kucing yang banyak dipelihara oleh para pecinta kucing. Harga satu ekor Kucing Anggora dan Persia dapat mencapai jutaan rupiah.

Para pecinta kucing yang sudah lama memelihara Kucing Anggora dan Persia pasti mengetahui perbedaan diantara keduanya. Namun lain ceritanya bagi mereka yang baru memelihara Kucing Anggora dan Persia. Tidak semua orang mengetahui perbedaan Kucing Anggora dan Persia.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Banyak orang yang masih ragu ataupun kesulitan ketika ditanya mengenai jenis kucing yang dia pelihara karena tidak mengetahui perbedaan antara Kucing Anggora dan Persia. Namun jika dicermati dengan baik, Anda akan mengetahui perbedaan Kucing Anggora dan Persia. 

Perbedaan tersebut akan terlihat pada bentuk tubuh, bentuk wajah, tekstur bulu dan bentuk ekor.  Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara Kucing Anggora dan Persia yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam mengenali kedua jenis kucing tersebut.

a. Perbedaan Bentuk Tubuh Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Apabila Anda melihat postur tubuh kedua jenis kucing tersebut, bentuk tubuh Kucing Anggora terlihat lebih tinggi langsing dengan kaki jenjang. Jika Anda melihanya sekilas, Kucing Anggora mirip dengan kucing lokal. Sedangkan bentuk tubuh Kucing Persia adalah gemuk bulat dengan kaki yang lebih pendek.

Kucing Persia memiliki bulu-bulu yang tebal. Kucing Anggora dan Persia juga memiliki cara gerak yang berbeda. Cara berjalan Kucing Anggora sering kali terlihat anggun dan luwes. Sedangkan Kucing Persia memiliki cara bergerak yang terlihat manja dan menggemaskan.

perbedaan tubuh kucing anggora dan persia

b. Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Bentuk wajah Kucing Anggora dan Persia sangat berbeda. Banyak orang yang dapat membedakan Kucing Anggora dan Persia hanya dengan melihat bentuk wajahnya saja tanpa perlu melihat ciri yang lain. Fitur wajah yang dimiliki oleh Kucing Persia cukup khas yaitu agak datar dengan hidung besar dan pesek atau tidak terlalu mancung.

Sedangkan bentuk wajah Kucing Anggora lebih terlihat seperti bentuk wajah kucing lokal. Wajah yang dimilikinya agak segitiga dan bentuk hidungnya cukup mancung. Selain itu, bentuk telinga Kucing Anggora juga cukup runcing dan panjang jika dibandingkan dengan telinga yang dimiliki Kucing Persia.

perbedaan-wajah-kucing-anggora-dan-persia

c. Perbedaan Tekstur Bulu Wajah Kucing Anggora dan Persia

Sangat jarang kita jumpai seekor kucing yang tidak mempunyai bulu karena semua jenis kucing pasti memiliki bulu kecuali Kucing Sphinx. Bulu-bulu tersebut melapisi hampir semua bagian tubuh kucing. Anda juga dapat mengetahui perbedaan Kucing Anggora dan Persia dengan melihat jenis bulunya.

Bulu yang dimiliki oleh Kucing Anggora lebih tebal dibandingkan dengan kucing lokal, namun bulu tersebut tidak selebat bulu Kucing Persia. Bulu Kucing Anggora biasanya hanya lebat pada bagian ekornya saja. Bulu kucing jenis ini terlihat panjang, mengkilap dan luwes. Sedangkan Kucing Persia memiliki bulu yang sangat lebat dihampir semua bagian tubuhnya.

d. Perbedaan Bentuk Ekor Wajah Kucing Anggora dan Persia

Kucing Anggora dan Persia memiliki bentuk ekor yang sangat berbeda. Kucing Persia memiliki ekor berbentuk tebal, lurus, panjang dan tidak kusut. Sedangkan Kucing Anggora memiliki bentuk ekor yang panjang dan meruncing serta melebar di bagian bawahnya. Selain itu, ekor Kucing Anggora sering disebut ekor musang karena bagian ujung ekornya mengembang.

perbedaan ekor kucing anggora dan persia

Demikianlah pemaparan mengenai perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang perlu untuk diketahui oleh para pecinta kucing. Sebetulnya ada banyak ciri lain yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk membedakan antara Kucing Anggora dan Persia. Namun keempat ciri yang telah dipaparkan dalam artikel ini merupakan ciri yang paling mudah untuk dikenali.