Obat Cacing untuk Kucing Yang Ampuh

3 min read

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang paling sering dijadikan hewan kesayangan. Tingkahnya yang lucu membuat banyak orang menyukai hewan berbulu ini dan merawatnya sepenuh hati. Namun, terkadang hewan kucing juga bisa mendapatkan masalah tertentu seperti penyakit.

Salah satu jenis penyakit yang paling sering diderita oleh kucing yaitu cacingan. Kucing yang mengalami cacingan tentu saja harus diobati karena bisa berbahaya juga untuk kucing itu sendiri. Ada banyak obat cacing untuk kucing yang bisa Anda gunakan baik obat tradisional maupun yang berbahan kimia.

obat cacing untuk kucing

Untuk membedakan kucing apakah benar terkena cacingan atau tidak bisa dilihat pada artikel ciri ciri kucing cacingan.

Obat Cacing Kucing

Langsung saja berikut ini beberapa obat cacing kucing yang bisa Anda beli di apotik atau petshop.

a. Combantrin (pfizer)

Obat pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengobati cacingan pada kucing adalah Combantrin (pfizer). Obat ini sebenarnya merupakan obat cacing untuk manusia, namun meski begitu Combantrin aman untuk digunakan pada kucing.

Bahkan banyak orang yang merasa bahwa obat ini cukup ampuh untuk mengobati cacingan pada kucing Anda. Combantrin (pfizer) mengandung Pyrantel yang mampu membunuh cacing gelang. Cacing ini paling sering menyerang anak kucing.

b. Vermox

Obat cacing untuk kucing selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Vermox. Kandungan di dalam Vermox yaitu mebendazole dapat membunuh cacing gelang maupun cacing pita yang hidup di perut kucing Anda. Obat ini sangat aman untuk digunakan pada berbagai jenis kucing Anda. Vermox bisa Anda dapat dengan mudah baik di apotik atau di petshop sekitar.

obat kucing cacingan vermox

c. Drontal Cat (bayer)

Obat terakhir yang bisa Anda gunakan adalah Drontal Cat (bayer). Sama seperti Combantrin, Drontal Cat juga memiliki kandungan Pyrantel yang dapat membunuh cacing di perut kucing Anda.

obat kucing cacingan drontal

Obat ini juga memiliki kandungan berupa prazyquantel yang bisa menyingkirkan berbagai jenis cacing termasuk cacing gelang dan cacing pita.

Obat Cacing Kucing Tradisional

Jika belum memiliki obat dari apotik atau petshop, Anda bisa mengobati cacingan kucing dengan bahan tradisional. Tidak kalah dengan obat apotik atau petshop, obat tradisional juga bisa dibilang ampuh mengobati cacingan pada kucing. Berikut ini beberapa obat cacing untuk kucing dengan bahan tradisional yang mudah didapat:

a. Buah kelapa

Buah kelapa bisa menjadi obat cacing kucing karena bagian dagingnya mampu membersihkan cacing yang hidup di saluran pencernaan kucing. Untuk itu, bagian kelapa yang perlu Anda ambil adalah bagian dagingnya. Berikan daging buah kelapa tersebut bersama makanan kucing seperti bisanya. Cacing yang ada di perut kucing nantinya akan keluar bersama dengan kotoran.

b. Kunyit

Ekstrak dari kunyit memang memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mampu membasmi virus yang ada di saluran pencernaan. Cara memberikan ekstrak kunyit ini kepada kucing yaitu dengan mencampurnya bersama madu lalu diberikan pada kucing untuk diminum. Waktu terbaik untuk memberikan ekstrak kunyit ini adalah saat malam hari agar cacing beserta telurnya bisa terbuang ketika pagi harinya.

c. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan antiseptik sehingga bisa digunakan sebagai obat cacing untuk kucing. Bagian lidah buaya yang diambil adalah gelnya kemudian diberikan kepada kucing untuk diminum. Namun jangan berlebih dalam memberikan gel lidah buaya kepada kucing karena perutnya bisa tidak nyaman. Berikan gel lidah buaya cukup setengah sendok teh saja.

d. Wortel

Selain terkenal karena kandungan vitamin A yang baik untuk mata, ternyata wortel juga memiliki kandungan serat dan antibiotik. Kandungan-kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sistem pencernaan kucing ikut membaik. Cara yaitu dengan memberikan jus wortel yang dicampur madu kepada kucing Anda yang terkena cacingan.

Obat Cacing Kucing Kampung

Pada umumnya, obat cacing untuk kucing kampung dengan kucing lainnya sama saja. Anda bisa menggunakan bahan tradisional maupun obat dari apotik atau petshop untuk mengobati cacingan dari kucing kampung. Namun pada umumnya, kucing kampung yang lebih sering keluar rumah memiliki ketahanan yang berbeda dengan kucing ras. Jadi Anda bisa menggunakan bahan alami seperti:

a. Air garam

Garam yang dilarutkan di dalam air bisa dijadikan obat cacing yang cukup manjur. Berikan air tersebut secara teratur kepada kucing agar cacing yang ada di dalam tubuhnya menghilang. Selain menghilangkan cacing di perut kucing, air garam juga mampu mencegah terjadinya diare.

b. Bawang putih

Bahan dapur ini dipercaya mampu membasmi cacing kremi dengan baik. Namun ketika membuatnya, Anda harus mencampurnya dengan gula merah dan akar pepaya. Komposisinya yaitu 3 butir bawang putih, gula merah secukupnya, dan 30 gram akar pepaya. Rebus bahan tersebut kemudian airnya diminumkan kepada kucing yang terkena cacingan.

c. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki khasiat khusus yaitu membersihkan saluran pencernaan sehingga cacing di perut kucing bisa keluar melalui kotorannya. Berikan minyak jarak yang dicampur dengan air hangat dan madu pada kucing kampung Anda. Efeknya yaitu kucing akan buang air besar secara intensif untuk mengeluarkan cacing.

Dosis Obat Cacing untuk Kucing

Dosis obat cacing untuk kucing secara tepat sebenarnya bisa Anda tanyakan kepada mereka yang lebih tahu. Namun, dosis secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Drontal Cat (bayer)

Dosis pemberian obat cacing pada kucing untuk Drontal Cat yaitu 1 tablet pada setiap 4 kilogram berat badan kucing Anda.

  • Combantrin (pfizer)

Dosis pemberian obat Combantrin berjenis sirup adalah 1 cc untuk setiap 2,5 kilogram dari berat badan kucing Anda.

Itulah berbagai informasi mengenai obat cacing untuk kucing. Anda bisa memilih menggunakan obat tradisional ataupun obat dari apotik. Semoga informasi mengenai obat cacing kucing ini berguna.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.