Jenis Kucing Persia dan Ciri Ciri nya

Posted on

Kucing, siapa yang tak kenal binatang satu ini. Hewan ini sering menjadi hewan peliharaan karena sifatnya yang lucu dan pintar. Biasanya, kucing yang dijadikan sebagai peliharaan keluarga di rumah adalah kucing jenis tertentu yang memiliki bentuk tubuh lucu dengan bulu lebat atau menggemaskan.

Salah satu jenis kucing yang sering dijadikan kucing peliharaan adalah jenis kucing persia. Ini karena kucing ras ini memiliki karakter fisik yang sangat menggemaskan dengan bentuk wajah bulat, bulu panjang serta hidungnya yang pesek. Kucing Persia juga masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis. Seperti yang akan dijelaskan dalam penjelasan jenis Kucing Persia berikut ini.

Jenis Kucing Persia Flatnose

Sebelum mulai membahas tentang jenis Kucing Persia, Anda juga harus mengetahui asal usul kucing ini. Ada sumber yang mengatakan jika kucing ras ini merupakan kucing yang diperkenalkan oleh seorang Perancis ke Italia. Ada pula yang mengatakan jika kucing Persia ini merupakan keturunan kucing Anggora Turki yang kemudian dikawinkan dengan kucing biasa. Versi lain menyebutkan kucing ini merupakan hasil kawin silang dengan kucing Afrika yang memiliki rambut panjang.

Gambar Kucing Persia Flatnose

Terlepas dari sejarahnya yang belum diketahui dengan pasti hingga saat ini, Kucing Persia merupakan ras kucing yang paling banyak dipelihara di rumah. Diantara jenis kucing lainnya, bisa dibilang ras kucing ini dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Meskipun demikian, harganya juga bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi tertentu. Kucing ras ini dibagi lagi menjadi beberapa kelompok seperti yang dijelaskan

Jenis pertama dari Kucing Persia adalah jenis flatnose. Sesuai namanya, kucing ini memiliki cir khas berupa hidung yang tergolong sangat datar. Selain hidung, tidak ada perbedaan ciri yang spesifik antara kucing Persia Flatnose dengan jenis lain. Dilihat dari ukuran tubuhnya, kucing ini cenderung pendek dan kecil. Berbeda dengan ukuran tubuhnya, kucing ini justru memiliki kaki sedang yang kuat. Hal ini bisa dilihat dari sifatnya yang aktif serta bisa berlari cepat.

Dari bagian wajah, jenis Kucing Persia ini memiliki bentuk wajah yang cenderung segitiga dengan mata yang kecil dan pastinya hidung yang lebih datar. Selain itu, pipi kucing ini juga tampak sangat chubby ditambah dengan badannya yang gemuk membuatnya sangat disukai oleh para penyuka kucing. Bentuk wajahnya membuat kucing ini sering disebut jutek. Harga kucing persia flatnose ini juga cukup mahal, yaitu mulai dari 600 ribu rupiah hingga 2.000.000 rupiah tergantung pada usianya.

Jenis Kucing Persia Medium

Selanjutnya adalah kucing Persia Medium. Ini adalah jenis kucing Persia yang paling sering dipelihara oleh para pecinta kucing. Ini karena jenis Kucing Persia Medium sangat lucu dan memiliki bulu dengan warna yang bervariasi. Ada kucing dengan warna bulu putih, cokelat dan warna-warna lainnya.

Gambar Kucing Persia Medium

Sedikit berbeda dengan jenis sebelumnya, kucing Persia jenis ini tubuhnya tidak terlalu gemuk dengan bulu halus yang sangat lebat. Semakin menambah kelucuan kucing satu ini. Untuk harga, kucing ini dibandrol dengan harga tak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya. Namun ketika dijual, harga jenis kucing ini justru cenderung lebih rendah.

Jenis Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya merupakan jenis kucing Persia lainnya dengan karakteristik yang sedikit berbeda dengan kucing persia lain. Kucing ini bisa dibilang termasuk ras domestik yang merupakan hasil kawin silang antara kucing Persia dengan kucing ras Siam. Ukuran tubuh kucing ini sedikit lebih besar dibandingkan jenis lain. Selain ukuran tubuh, kucing ini juga memiliki ciri khas dari bulunya.

gambar Kucing Persia Himalaya

Bulunya cenderung lebih panjang dan lebat dengan Pola colorpoint pada bulunya. Artinya, terdapat kombinasi warna hitam, coklat atau abu-abu selain warna dasar putihnya. Warna-warna ini biasanya ditemukan di bagian tubuh telinga, muka, ekor serta ujung kaki. Kucing ini memiliki kaki yang lebih pendek, dengan sifat yang bersahabat, serta aktif.

Jenis Kucing Persia Peaknose

Berikutnya adalah jenis kucing Persia Peaknose. Seperti namanya, kucing ini juga memiliki ciri khas berupa hidung yang pesek, bahkan paling pesek diantara jenis kucing lainnya. Sama seperti kucing Persia lain, kucing ini juga memiliki bentuk wajah menggemaskan dengan ekspresi yang berbeda beda. Karena bentuk hidungnya yang sangat pesek inilah yang justru membuat harga beli kucing ini lebih mahal. Biasanya kucing jenis ini sering diikutkan dalam kompetisi kucing.

Gambar Kucing Persia Peaknose

Karena bentuk wajahnya, banyak orang yang sering menganggap jenis Kucing ini adalah kucing yang malas dan judes, padahal sebenarnya tidak. Ciri fisik kucing ini memang sedikit banyak mirip dengan kucing Persia Flatnose.

Untuk membedakannya bisa dengan cara mudah, yaitu melihat dari samping. Jenis kucing dengan bentuk hidung sangat datar tanpa tonjolan sama sekali, maka bisa dipastikan itu adalah kucing Peaknose.

Jenis Kucing Persia Medium Short Hair

Kucing Persia Medium short hair ini sebenarnya sub jenis dari jenis Kucing Persia Medium yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ciri-ciri fisiknya juta tak jauh berbeda dengan warna buku bervariasi. Bedanya hanya pada ukuran bulunya.

Seperti namanya, kucing jenis ini merupakan kucing Persia Medium dengan ukuran bulu yang pendek. Adanya perbedaan pada panjang bulu ini tak lain disebabkan karena hasil perkawinan silang dengan indukan yang berbeda dari Kucing Persia jenis lainnya.

Kucing Persia Medium Short Hair

Jenis Kucing Persia Mix Dome

Ras Mixdome sendiri merupakan penyebutan lain dari ras campuran. Jadi, jenis Kucing Persia ini adalah jenis kucing hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan jenis kucing lain.

Umumnya yang dikawinkan adalah jenis kucing domestik. Seperti yang dijelaskan pada beberapa jenis Kucing sebelumnya, Kucing Persia dengan ras Mixdome biasanya memiliki ciri khas yang berbeda dengan ras asli. Hal ini tak lepas dari peran genetik dari indukannya yang kemudian membuat jenis kucing ini memiliki sedikit perbedaan.

gambar Kucing Persia Mix Dome

Perbedaan paling kelihatan biasanya adalah pada bulunya. Seperti pada karakteristik kucing Persia Himalaya, salah satu perbedaan Ras Mixdome dengan ras asli adalah bulunya. Umumnya pada ras mixdome hanya bagian-bagian tertentu tubuhnya yang memiliki bulu panjang, seperti ekor. Selain ukuran bulu, hal lain yang membedakan jenis ini dengan ras asli bisa dilihat dari warna matanya. Warna mata ras Persia Mixdome biasanya cenderung kuning hitam.

Bagi para penggemar kucing, memelihara binatang satu ini di rumah bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Apalagi jika yang dipelihara adalah kucing Persia yang memiliki karakter lucu dan menggemaskan. Sebelum Anda benar-benar memelihara hewan kucing di rumah, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu jenis Kucing Persia dengan karakter yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui jenis dan karakternya, Anda bisa memilih salah satu untuk dipelihara sesuai dengan karakter Anda. Untuk masalah harga, jenis kucing ini memang dibandrol lebih mahal, namun Anda akan dijamin gemas dengan kucing-kucing ini. 

Artikel yang Berhubungan :

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.