Cara Menjinakkan Kucing Hutan Jawa

Posted on

Cara Menjinakkan Kucing Hutan Jawa – Pulau Jawa dengan berbagai keindahan alamnya memiliki hutan yang sangat luas. Hutan tersebut menjadi habitat berbagai jenis hewan. Salah satunya adalah habitat bagi kucing hutan. 

Tidak banyak orang mengetahui tentang keberadaan Kucing Hutan Jawa karena langka dan termasuk hewan yang dilindungi sehingga tidak semua orang dapat memeliharanya. Selain itu, kucing hutan berbahaya untuk dipelihara karena dapat melukai pemiliknya.

Cara Menjinakkan Kucing Hutan Jawa yang Liar dan Agresif

Kucing Hutan Jawa memiliki corak yang cantik dan menawan. Sekilas kucing ini terlihat sangat mirip dengan kucing domestik. Namun, perbedaan mencolok tampak dari bulunya yang loreng serta postur tubuhnya yang menyerupai macan. Selain itu, kucing hutan memiliki struktur kaki yang dirancang sangat sesuai untuk berlari kencang mengejar mangsa, memanjat pohon dan berenang.

Sifat dasar yang dimiliki oleh kucing hutan sangat liar dan agresif sehingga sangat berbahaya untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Namun pada dasarnya semua hewan dapat dijinakkan, baik itu hewan yang buas ataupun yang tidak buas.

Berikut adalah poin-poin mengenai cara untuk menjinakkan kucing hutan.

Kenalkan Bau Pemiliknya

Kucing Hutan Jawa memiliki penciuman yang sangat tajam, sehingga dapat dengan mudah mengenali bau yang ada di sekitarnya terutama bau pemiliknya. Sangat penting untuk memperkenalkan aroma dari tubuh pemilik kepada kucing hutan.

Adapun cara untuk melakukannya yaitu dengan meletakkan pakaian yang telah digunakan ke dalam kandang kucing hutan. Hal ini dilakukan agar kucing hutan mengenal aroma keringat dari pemiliknya. Cara tersebut mungkin terdengar aneh dan menjijikan. Namun, ada banyak pengalaman yang menyatakan bahwa tips ini sangat ampuh.

Memberikan Makan Secara Langsung Dengan Tangan

Melakukan Pendekatan pada Kucing Hutan

Pendekatan pada kucing hutan harus dilakukan secara perlahan-lahan karena hewan tersebut merupakan hewan liar dan tidak bisa dipaksakan untuk langsung jinak. Sangat penting memberikan kesempatan bagi kucing hutan untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Adapun pendekatannya dapat dilakukan dengan cara membuat kucing hutan merasa nyaman dengan tempat tinggal barunya, memberinya makan dengan penuh kasih sayang, menjaga jarak terlebih dahulu agar dia dapat beradaptasi dan lain sebagainya.

Memberikan Makan Secara Langsung Dengan Tangan

Kucing Hutan Jawa akan mengenali aroma tangan pemiliknya dan merasa diperhatikan jika sang pemilik memberikan makan secara langsung dengan tangannya. Hal ini akan sangat membantu dalam proses penjinakan kucing hutan. Apabila kucing hutan terlihat akan menggigit, maka Anda jangan panik dan tetap harus tenang.

Sikap panik dan langsung menarik tangan akan membuat kucing hutan berpikir bahwa Anda adalah musuh baginya. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena itu berarti Anda tidak akan pernah bisa menjinakkan kucing hutan tersebut.

Memberikan Makan Secara Langsung Dengan Tangan

Gendong Kucing Hutan

Anda harus memberanikan diri untuk menggendong kucing hutan. Hal ini dilakukan demi terjalinnya kedekatan antara Anda dengan kucing hutan. Anda perlu mengajak kucing hutan untuk  keluar dari kandang sambil menggendongnya dengan menggunakan tangan.

Apabila kucing hutan masih terlihat galak dan suka mencakar, maka tangan Anda harus dilapisi oleh kain yang tebal agar tidak terkena cakaran ataupun gigitannya. Ketika kucing hutan sudah terlihat jinak dan akrab dengan Anda, maka cobalah untuk menggendong tanpa menggunakan pelapis.

Gendong Kucing Peliharaan

Demikianlah penjelasan mengenai cara menjinakkan Kucing Hutan Jawa. Setidaknya ada 4 cara yang dapat Anda coba. Kunci penting dalam menjinakkan kucing hutan yang memiliki sifat liar dan agresif adalah kesabaran, ketekunan dan konsistensi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.