Ciri Penyakit Batu Ginjal Pada Kucing

Posted on

Penyakit batu ginjal tidak hanya dialami oleh manusia saja, hewan peliharaan kucing pun bisa mengalaminya dengan ciri ciri atau gejala yang hampir sama. Seperti yang kita tahu bahwa ginjal berfungsi untuk menjaga darah supaya bebas dari racun serta menjaga keseimbangan cairan yang ada di tubuh. Jika ginjal pada kucing mengalami infeksi seperti batu ginjal maka tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan kucing bisa dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Apakah penyebab penyakit ginjal pada kucing ini ? seperti disampaikan diawal bahwa penyakit ini diawali oleh adanya bakteri yang masuk kedalam tubuh. Bakteri tersebut bisa masuk melalui makanan yang dikonsumsi kucing sehingga masuk ke dalam darahnya. Bisa juga melalui saluran kandung kemih yang berarti masuk melalui kotorannya atau dari litter box yang biasa digunakan si kucing.

Penyakit Batu Ginjal Pada Kucing
petsworld.in/blog/kidney-disease-in-cats-chronic-renal-failure.html

Nah berikut dibawah adalah ciri penyakit batu ginjal pada kucing :

  • Kucing muntah terus
  • Cara berjalan kucing tidak normal
  • Air kencing kucing disertai darah
  • Kucing kehilangan berat badan
  • Bulu kucing rontok dan kering
  • Kucing tidak nafsu makan
  • Warna lidah kucing berubah

Cara perawatan atau penyembuhan kucing yang terkena penyakit batu ginjal membutuhkan waktu yang lama tergantung seberapa parah penyakit tersebut tentunya semakin cepat penyakit dideteksi semakin cepat juga proses penyembuhannya.

Konsultasikan dengan dokter hewan apakah diperlukan infus supaya tidak dehidrasi dan diperlukan perawatan khusus juga supaya saluran kandung kemihnya bisa normal kembali. Sedikit informasi tambahan penyakit ini rentan menyerang kucing betina apalagi sudah berusia lanjut karena ketahanan tubuhnya sudah mulai lemah, maka perhatikan dengan baik kondisi kesehatan kucing sobat ya.

Artikel yang Berhubungan :

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.