Cara Mudah Memandikan Kucing Persia?

In Tips dan Cara

Kucing persia memang kerap dijadikan hewan peliharaan karena keindahan bulunya yang panjang dan parasnya yang sangat lucu. Dalam merawat kucing persia, diperlukan perawatan khusus agar bulu panjang di sekujur tubuhnya selalu terlihat indah dan sehat. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat kucing jenis ini.

Dari menjaga kebersihan lingkungan kucing, menyiapkan makan dan minumnya, memberikan vaksin, sampai memandikan kucingnya. Jika Anda merasa kesulitan dalam Cara Memandikan Kucing Persia, berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah Sendiri

Memandikan kucing persia memang memerlukan perlakuan khusus tidak seperti memandikan kucing kampung, tapi bukan berarti Anda harus bersusah payah pergi ke pet shop hanya untuk memandikan si kucing. Selain karena memerlukan waktu yang lama, juga akan menghabiskan nominal yang tidak sedikit. Cara Memandikan Kucing Persia di rumah sendiri tak berbeda dengan di berbagai pet shop, hanya saja ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan secara khusus, agar tak membahayakan si kucing kesayangan.

  1. Mempersiapkan alat-alat

Langkah paling awal  dari Cara Memandikan Kucing Persia di rumah sendiri adalah mempersiapkan segala alat-alat yang diperlukan. Agar lebih mudah, gunakanlah peralatan yang sudah tersedia di rumah. Beberapa alat yang harus dipersiapkan adalah ember, air hangat, alat pemotong kuku, handuk, dan cotton buds. Anda juga dapat menggunakan alat-alat tambahan seperti sikat, sisir kucing, shampo, dan bedak khusus untuk kucing.

  1. Membersihkan kotoran

Mulailah dari membersihkan kotoran yang menempel pada kucing. Jangan lupa bersihkan pula di sela-sela kuku, dan kepala. Untuk bagian telinga, gunakanlah cotton bud agar lebih mudah  menjangkau bagian dalamnya. Lakukan dengan cara perlahan dan jangan terlalu dalam, agar tak melukai bagian gendang telinga kucing. Tahan kepala kucing dengan hati-hati, karena dalam keadaan ini biasanya kucing akan merasa kegelian, namun tak jarang juga kucing yang hanya terdiam merasakannya. Lakukan kegiatan ini dalam keadaan kering, atau Anda bisa menggunakan baby oil agar kucing tak merasa sakit.

  1. Potong kuku

Memotong kuku juga salah satu bagian penting dari Cara Memandikan Kucing Persia Masih dalam tahap pembersihan tanpa air. Potonglah kuku si kucing pada bagian yang tajam saja, jangan memotong kuku secara keseluruhan karena kucing juga membutuhkan kuku untuk kegiatan bermainnya. Selain itu memotong kuku terlalu dalam akan berdampak negatif bagi kesehatan kucing.

cara memotong kuku kucing persia

  1. Basahi kucing

Sebelum Anda membasahi kucing, sebaiknya tutup telinganya agar air tidak masuk ke dalam. Masukkan kucing ke dalam ember yang berisi air hangat dengan pelan, agar tidak kaget. Basahi seluruh bagian tubuh kucing hingga benar-benar basah kuyup, kemudian gunakan shampo dan ratakan. Pijat perlahan agar kucing merasa rileks dan terhindar dari stress. Setelah itu bilas keseluruhan sampai benar-benar bersih tak bersisa busa.

  1. Pengeringan

Keringkan seluruh bagian sampai benar-benar kering. Pada pengeringan, Anda bisa menggunakan handuk atau hairdryer. Ketika melakukan pengeringan dengan hair dryer, pastikan bahwa si kucing tidak takut dengan suara mesinnya. Jangan membiarkan kucing dalam kondisi yang masih lembab, karena akan berpotensi sebagai tumbuhnya bakteri dengan cepat.

mengeringkan bulu kucing persia

Membiarkan bulu kucing dalam keadaan lembab, juga akan menjadikan gumpalan dan bau tak sedap. Setelah benar-benar kering, Anda bisa menggunakan bedak kucing agar dapat membasmi kuman yang bersembunyi di balik bulu tebal kucing persia.

Itulah beberapa Cara Memandikan Kucing Persia di rumah yang dapat Anda terapkan. Memang tidak mudah tapi Anda hanya perlu untuk membiasakan kegiatan ini, agar si kucing persia tidak takut lagi dengan air dan merasa tidak asing lagi dengan air.

author
Author: 
    Tips Memberi Nama Kucing Lucu
    Tips Memberi Nama Kucing Lucu
    Memberi nama kucing lucu bukanlah hal mudah,
    Foto Kucing Kawin
    Foto Kucing Kawin
    Bagi para pemelihara kucing yang belum pernah
    Kenapa Anak Kucing Agresif ?
    Kenapa Anak Kucing Agresif ?
    Apakah kamu tahu kenapa anak kucing agresif
    Food Dispenser Untuk Kucing
    Food Dispenser Untuk Kucing
    Food dispenser untuk kucing bisa jadi solusi
    Artikel Wajib Baca×

    Top