Tips Cara Mengawinkan Kucing Persia

Posted on

Info kali ini khusus buat pecinta kucing yang ingin tahu bagaimana cara mengawinkan kucing persia, pada dasarnya proses perkawinan kucing/ breeding terjadi secara alami seperti yang terjadi pada kucing kampung. Tetapi pada jenis kucing ras ternyata tidak semudah itu supaya kucing jantan dan betina siap untuk kawin. Banyak faktor yang menyebabkan kucing persia tidak mau kawin misalnya sajda karena memang sedang tidak dalam masa birahi kucing, ketidaktertarikan kucing terhadap lawan jenis atau mungkin faktor kesehatan sehingga kucing malas kawin.

mengawinkan-kucing-kampung

Pra Mengawinkan Kucing Persia

Hal yang pertama sekali adalah sobat tipskucing harus yakin bahwa umur kucing persia sobat sudah masuk usia kawin, kucing sudah bisa hamil pada usia 10 bulan sedangkan umur ideal bagi kucing persia untuk kawin adalah 1 tahun. Hal ini penting karena jangan sampai nanti anak kucing sudah lahir, induk tidak mau menyusui bayi kucing karena naluri keibuannya belum muncul.

Jika kucing belum berusia satu tahun tetapi sudah menunjukkan ciri ciri untuk kawin lebih baik pisah kandang saja.  Kedua sebelum mengawinkan kucing, perhatikan kesehatan kucing. Usahakan memberikan vaksin atau obat cacing utamanya pada kucing betina yang tentu saja fungsinya nanti supaya anakan kucing bebas dari penyakit/ bakteri virus.

Siklus Birahi Kucing Persia

Berikutnya sebelum Mengawinkan Kucing Persia adalah perhatikan masa birahi kucing, bagi yang belum tahu nih ya, kucing memiliki masa birahi yang tidak menentu. Pada beberapa kucing khususnya betina memiliki siklus birahi 1-6 bulan sekali dengan masa waktu 1-4 hari untuk waktu yang tepat untuk proses kawin kucing persia, ciri ciri kucing persia memasuki masa birahi nya adalah kucing akan mengeong terus seperti sedang gelisah. Jangan khawatir untuk kucing persia jantan bisa siap sedia setiap saat.

Cara Mengawinkan Kucing Persia

Untuk kucing persia jantan dan betina yang sudah saling mengenal biasanya proses nya akan lebih mudah, yang jadi masalah jika jantan dan betina baru pertama kali bertemu maka sulit untuk terjadi perkawinan. Solusinya adalah tempatkan kedua kucing di kandang berjeruji secara terpisah dan tutup semua sisinya dengan koran atau kain kecuali sisi saling berhadapan antara kucing jantan dan betina. Ini dimaksudkan supaya kucing bisa saling mengenal / PDKT dulu, tidak perlu dilakukan seharian.

cara mengawinkan kucing persia

Jika kucing jantan dan betina terlihat sudah tidak agresif maka kucing sudah siap untuk dikawinkan dengan syarat ciri ciri kucing untuk ingin dikawini sudah muncul. Apa ciri ciri kucing betina ingin dikawini ? biasanya kucing akan terlihat lebih manja dan sering berguling guling lalu ditandai juga dengan suara mengeong seperti terlihat sedang gelisah.

Pastikan ukuran kandang cukup untuk proses kawin ya sobat, tidak kecil tapi juga tidak terlalu besar. Proses perkawinan diawali dengan kucing jantan yang akan mendekati kucing persia betina lalu menciumi kemaluan betina sambil menggigit bagian tengkuk kucing betinanya. Pada kucing kampung proses ini biasanya bisa langsung berhasil karena sudah terbiasa. Lain halnya dengan kucing ras proses ini mungkin tidak langsung berhasil, terlebih jika ini merupakan pengalaman pertama bagi kucing jantan.

Tanda proses kawin yang sudah benar adalah ditandai dengan kucing yang mengeong dengan keras seperti sedang marah. Pada dasarnya keberhasilan proses kawin ini lebih dominan pada kemampuan kucing jantan untuk mengawini. Untuk meyakinkan proses kawin berhasil lebih baik selama 2 – 3 hari proses kawin ini dilakukan secara berturut turut sampai terlihat tanda tanda kehamilan pada kucing persia betina.

Demikin informasi mengenai Tips mengawinkan kucing ini semoga bermanfaat untuk sobat tipskucing.

Keyword yang disarankan :

kucing kawin,Cara mengawinkan kucing,cara mengawinkan kucing persia,cara kawinkan kucing persia,ukuran kandang untuk mengawinkan kucing anggora

Leave a Reply