Penyebab Kotoran Kucing Berdarah

Posted on

Sebelum mengetahui apa penyebab kotoran kucing berdarah, sobat harus tahu bahwa kesehatan kucing adalah hal yang utama dalam memelihara hewan ini. Semakin bagus perawatan yang diberikan maka semakin lama juga usia kucing tersebut. Salah satu indikator untuk menentukan apakah kucing sehat atau tidak adalah dengan melihat feses kucing / kotoran kucing sobat. Jika sobat tipskucing melihat darah segar berwarna merah dalam tinja kucing maka kondisi ini disebut Hematochezia.

Ciri ciri lain selain kotoran berwarna merah yaitu :

  1. Kucing menjadi tidak aktif bergera
  2. Buang air besar yang menjadi lebih sering begitu juga dengan buang air kecil
  3. Kucing hilang nafsu makan.
Penyebab Kotoran Kucing Berdarah
image from : mymikacat.wordpress.com

Lalu apa saja sih penyebab kotoran berdarah ini ?

1. Karena Cacing pada kucing

Cacing yang tumbuh di dalam tubuh kucing khususnya bagian pencernaan akan sangat berbahaya bagi kesehatan kucing. Cacing berkembang biak pada usus kucing dan karenanya usus menjadi luka sehingga darahnya keluar bersamaan dengan tinja. Untuk solusinya karena penyebab nya mungkin bisa berbagai macam dan jenis cacing yang berkembang biak juga harus sesuai dengan obat yang diberikan maka sangat disarankan untuk membawa kucing sobat ke dokter hewan.

2. Karena faktor makanan

Pemberian makanan kucing tidak bisa dilakukan sembarangan, jika misalnya untuk makanan sehari hari kucing diberikan makanan basah yaitu makanan dari kemasan kaleng lalu sobat mengganti makanan kucing tersebut secara tiba tiba dikarenakan makanan basah sulit didapat. Hal seperti itu juga bisa menyebabkan kotoran kucing berdarah jika pencernaan kucing sedang tidak bagus.

Intinya perubahan jenis makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab kotoran kucing mengeluarkan darah. Faktor lain karena makanan yaitu kucing mengkonsumsi racun tikus yang tidak sengaja termakan. Bisa juga kucing memakan tikus yang sudah mati karena racun. Cedera usus sangat mungkin terjadi di sekitar daerah dubur dan menyebabkan darah di kotoran kucing sobat.

Lalu bagaimana pengobatan yang tepat untuk kotoran kucing yang berdarah ? makanan adalah faktor utama sehingga jika kucing sobat biasanya diberi makan dengan makanan kucing kaleng maka hentikan sementara pemberian makanan jenis ini. Makanan kucing yang dibuat sendiri asalkan kaya serat dengan lemak dan protein yang tinggi akan lebih baik dari makanan kaleng. Perubahan pola makan pada kucing akan membantu menyembuhkan penyakit kotoraan berdarah pada kucing jika penyebabnya karena makanan.

Jika kucing anda menunjukkan gejala cacingan pada kucing maka solusi terbaik nya adalah dengan membawa ke dokter hewan karena bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri, parasit, cacing yang tumbuh di pencernaan, pemeriksaan dubur, pemeriksaan kotoran kucing kadang diperlukan juga USG / scan x-ray untuk memastikan penyebabnya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Keyword yang disarankan :

kotoran kucing,pup kucing berdarah,kucing berak darah,kotoran kucing berdarah,kucing berak berdarah

Leave a Reply