Penyebab Bulu Kucing Rontok Berlebihan

Posted on

Untuk share kali ini saya akan coba berbagi tentang kemungkinan penyebab bulu kucing rontok berlebihan, seperti yang sobat tipskucing tahu kucing adalah hewan yang kecantikannya salah satunya adalah pada bulunya. Tetapi jika ternyata kucing peliharaan kita bulunya rontok apalagi berlebihan dan terjadi terus menerus maka sobat harus menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi bulu kucing rontok ini. Normalnya sih dalam sehari rontok bulu kisaran 20 helai saja dan itupun ada proses regenerasi bulu baru.

Jika bulu kucing rontok dalam jumlah yang normal atau hanya sedikit saja, itu hal yang normal dan sobat tidak perlu khawatir. Jika ternyata jumlah bulu rontok sangat banyak maka dibawah ini beberapa kemungkinan penyebabnya :

Kutu Kucing

Kutu pada kucing secara tidak langsung bisa menyebabkan kerontokan pada bulu kucing, terlebih lagi pada kucing yang sensitif terhadap gigitan kutu. Ketika kutu menggigit kucing, kucing akan merasa sangat gatal dan pastinya menggaruk sampai bulunya ada yang rontok. Solusinya sobat bisa memberikan shampo khusus kucing untuk menghilangkan kutu yang menempel. Jika memang sudah terlanjur banyak gigitan kutu sehingga si kucing terus terusan menggaruk sobat bisa memberikan antihistamin dan steroid yangbisa mengurangi rasa gatal buat si kucing.

This image are free to use

Alergi Kulit Kucing

Alergi pada hewan kucing terdapat beberapa jenis, jika alergi nya membuat gatal pada kulit kucing, maka kucing juga akan terus terusan menggaruk bulunya. Beberapa jenis alergi yaitu alergi kutu, alergi makanan, ada juga alergi terhadap bahan tertentu seperti wol, atau bahkan bahan kimia seperti yang terdapat pada deterjen.

Penyakit Kurap

Kurap pada kucing bisa disebabkan beberapa hal misalnya penularan dari kucing liar atau bisa juga karena faktor lingkungan tempat tinggal kucing yang kurang bersih. Penyakit kurap ini bisa membuat rontok bulu kucing lho. Solusinya tidak ada cara lain selain mensterilkan semua bagian tubuh kucing dan juga usahakan tempat yang biasa dipakai kucing seperti tempat tidurnya untuk sering dibersihkan.

Mandi Terlalu Sering

Mandi untuk kucing tidak perlu dilakukan terlalu sering karena bisa membuat kulit kucing menjadi lembab yang juga bisa mengakibatkan jamuran dan dengan sendirinya bulu bisa rontok, jika jarang dimandikan pun bisa jadi penyebab kerontokan karena kulitnya menjadi kering. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat artikel berapa kali memandikan kucing untuk normalnya.

Kucing Stress

Ada banyak hal yang menyebabkan kucing menkadi stress bisa karena kucing keguguran, kandang tidak nyaman dll. Nah ketika kucing stress bulunya akan dengan sendirinya mengalami kerontokan selain itu kucing akan menjadi lebih sering menggaruk dan menjilat tubuhnya yang semakin menambah kerontokan. Untuk mengatasinya bisa meminta saran dari dokter hewan apakah diperlukan pemberian Antidepresan. Jika kandang kucing tidak nyaman, sobat juga wajib memberikan kandang yang lebih nyaman.

Nah itu dia beberapa hal yang mungkin menjadi rontok bulu kucing, sebenarnya masih ada juga penyebab lainnya misalnya karena penggunaan shampo kucing yang tidak cocok, karena kucing hamil atau bisa juga karena kurangnya asupan nutrisi untuk si kucing.

Keyword yang disarankan :

penyebab bulu kucing rontok berlebihan,penyebab bulu rontok kucing anggora umur 3 bulan

Leave a Reply