Obat Cacing Untuk Kucing

Posted on

Adakah sobat tipskucing yang tahu kapan waktunya untuk memberikan obat cacing untuk kucing ? Jika kucing sobat seperti terlihat sedang menggesek gesekkan anusnya ke lantai atau ke dinding maka bisa jadi kucing sobat sedang terkena penyakit cacingan pada kucing.

Cacing pada kucing bisa disebabkan beberapa jenis cacing misalnya cacing tambang, cacing paru paru, cacing gelang atau cacing pita. Kucing yang terkena cacingan biasanya memiliki gejala yang mudah untuk didiagnosa. Sobat bisa memperhatikan pada kotoran kucing jika terdapat seperti cacing yang tercampur dengan kotoran maka bisa dipastikan kucing terkena cacingan.

Ada beberapa gejala juga yang bisa dikenali misalnya :

  • Kucing Sembelit
  • Kotoran bercampur darah
  • Bulu kucing yang terlihat kusam
  • Terdapat butiran putih atau telur cacing di sekitar anus kucing
  • Perut Kucing yang terlihat kembung atau bulat

Tentu saja solusi terbaik yang bisa dipilih adalah segera membawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa dan diberi obat yang sesuai dengan takaran yang diperlukan. Tetapi banyak juga yang berinisiatif mengobati kucing cacingan dengan obat cacingan yang biasa digunakan untuk manusia. Sobat bisa mencoba combantrin cair, jangan lupa juga sediakan spet atau suntikan yang dihilangkan jarumnya untuk mempermudah memberikan obat cacing combantrin ini.

Obat Cacing Untuk Kucing

Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah dosisnya harus disesuaikan dengan berat badan kucing itu sendiri. Untuk kucing dengan berat 4kg sobat bisa memberi 2 ml combantrin. Atau dengan kata lain setiap 2kg berat kucing diberi 1ml. Sesuaikan sendiri ya hitungannya :).

Pemberian obat cacing ini harus dilakukan dalam beberapa tahap yang gunanya untuk benar benar membasmi cacing yang ada ditubuh kucing. Pada 2 minggu pertama bisa diberikan 1 kali dosis sedangkan untuk dosis berikutnya bisa diulang 2 minggu kemudian yang gunanya untuk membunuh larva cacing yang belum mati di pemberian dosis pertama.

combantrin untuk kucing cacingan

Cara di atas mungkin bisa diterapkan untuk kucing kampung sedangkan untuk kucing ras seperti kucing persia atau Kucing Anggora lebih baik konsultasikan dengan dokter hewan saja karena itu merupakan solusi terbaik.

Keyword yang disarankan :

obat cacing kucing kampung

Leave a Reply