Mencegah Penyakit Distemper Pada Kucing

Posted on

Salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah distemper, oleh karena itu mencegah penyakit ini pada kucing adalah wajib untuk diketahui pemilik kucing dalam pemeliharaanya. Sebenarnya ada juga penyakit lain yang tidak kalah berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bagi kucing kesayangan kita misalnya saja penyakit calici virus.

Tetapi di artikel kali ini saya akan share tentang cara mencegah penyakit distemper pada kucing.

Sebelumnya apa itu penyakit distemper ? Distemper adalah penyakit / virus yang bisa menular hewan peliharaan khususnya kucing yang bisa ditularkan melalui udara. Gejala nya yang hampir tidak terlihat bisa membuat pemilik kucing tidak sadar bahwa peliharaan mereka tiba tiba mati tanpa sempat memberikan pengobatan.

Virus penyebab penyakit ini yaitu feline panleukopenia bisa berkembang sangat cepat pada saat pergantian musim, pada waktu tersebut kucing juga sedang menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca di sekitarnya sehingga daya tahan terhadap penyakit bisa berkurang atau dengan kata lain kekebalan tubuhnya berkurang. Oia sebagai informasi virus ini masuk ke usus dan merusaknya sehingga pencernaan kucing menjadi rusak dan cirinya adalah kotoran kucing menjadi cair, kadang dengan disertai darah.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit ini ? sebagai hal yang mendasar sobat tipskucing harus melakukan hal dibawah ini :

Jagalah Kebersihan

Lingkungan yang kotor bisa mempermudah virus berkembang oleh karena itu jagalah kebersihan tubuh kucing, kandang, tempat makan, tempat tidur dan lingkungan si kucing. Jangan lupa juga untuk rutin memandikan kucing, bersihkan seluruh bagian termasuk hidung, mata dan lainnya termasuk potong kuku juga.

Beri Vitamin Kucing

Vitamin untuk kucing bermacam macam, coba berikan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan kucing sehingga kesehatan kucing selalu terjaga yang tujuannya adalah untuk menjaga kekebalan tubuh juga.

Berikan Vaksin Distemper

 

Berikan Vaksin Distemper

Sebelumnya konsultasikan dulu jadwal yang tepat kapan untuk memberikan vaksin ke dokter hewan, biasanaya vaksin pada kucing diberikan mulai umur 8 minggu. Selain vaksin distemper biasanya akan diberikan juga vaksin penyakit calici dan vaksin rhinotracheitis.

Lalu bagaimana dengan pengobatan yang tepat untuk penyakit ini, untuk obat distemper pada kucing dan cara merawat kucing distemper sobat bisa cek artikel tentang mengenali penyakit distemper.

Nah itu dia sedikit share tentang bagaimana untuk mencegah salah satu penyakit berbahaya pada kucing semoga bisa bermanfaat untuk sobat tipskucing.

Leave a Reply