Memelihara Kucing Hutan

Posted on

Memelihara kucing hutan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya jenis kucing yang di jual dengan harga mahal ini adalah kucing liar yang habitat atau tempat hidupnya adalah di kawasan hutan dekat perkampungan. Di habitat aslinya kucing hutan atau biasa disebut juga kucing blacan ini membuat sarang di gua kecil atau liang yang terdapat di celah batu besar.

Kucing hutan ini juga merupakan hewan yang aktif di malam hari, makanan kucing hutan di habitat aslinya yaitu tikur, kadal, ular, burung kecil atau kancil. Bagi sobat tipskucing yang berminat memelihara kucing hutan harus tahu bahwa kucing ini termasuk ke dalam satwa yang dilindungi sehingga dilarang untuk diperjualbelikan untuk peliharaan.

Kucing hutan suka hidup di dekat sungai atau lembah dan sulit ditemukan di daerah bersalju. Beruntung di Indonesia jenis kucing hutan ini tersebar di beberapa wilayah yaitu pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatra.

Ciri Ciri Kucing Hutan

Ciri ciri hutan yang paling umum adalah jika dari ukurannya hampir berukuran sama dengan kucing rumahan, ekor kucing hutan bisa cukup panjang bahkan lebih dari setengah panjang badannya sehingga secara fisik lebih panjang dari Kucing Anggora Turki. Bulu kucing hutan memiliki warna yang khas yaitu belang hitam dibagian kepala hingga tengkuk.

Ciri Ciri Kucing Hutan

Bulu tubuhnya juga halus dan terlihat pendek. Yang paling membedakan dengan jenis kucing lainnya misalnya kucing anggora yaitu pola totol hitam pada bulunya yang terlihat menarik, pada bagian perutnya terlihat warna putih dengan totol totol warna coklat tua. Jenis kucing liar ini juga cenderung aktif dan sering memanjat pohon pada saat berburu.

Bulu Kucing Hutan

Makanan Kucing Hutan

Jika sobat tips kucing sudah terlanjur membeli kucing hutan atau memang memiliki nya sejak lama maka sobat harus tahu cara perawatan kucing hutan, khususnya untuk makanannya karena kucing hutan lebih rentan terhadap penyakit selain itu daya tahan tubuhnya juga rapuh. Oleh karena itu asupan makanan yang penuh gizi adalah hal yang wajib diperhatikan.

makanan kucing hutan

Di awal awal kucing beradaptasi lebih baik diberi makan daging segar, jika dirasa kucing hutan sudah bisa beradaptasi maka lakukan pergantian makanan dengan catfood yang banyak tersedia di pasaran. Pada saat pertama diberi catfood lebih baik diberikan juga secara bersamaan daging segar dengan porsi yang lebih banyak dibanding catfood. Ini dimaksudkan supaya kucing tidak kaget terhadap perubahan makanannya.

Perawatan Kucing Hutan

Karena jenis kucing hutan ini rentan terhadap penyakit maka sobat tips kucing harus siap sedia nomor kontak dokter hewan yang bisa dihubungi sewaktu waktu. Untuk menjaga kesehatan kucing hutan maka mandikan kucing hutan minimal 2 kali seminggu dengan menggunakan air hangat kuku dan shampo khusus untuk kucing. Pastikan air tidak langsung membasahi semua bagian tubuh kucing, tempatkan air hangat setinggi setengah kaki kucing lalu gosok perlahan dengan shampo khusus kucing. Setelah selesai keringkan bulu yang masih basah dengan blower.

Harga Kucing Hutan

Harga kucing hutan cukup mahal karena hewan ini termasuk yang dilindungi pemerintah, sobat tipskucing jangan terlalu memaksakan untuk ingin memiliki jenis kucing ini ya karena selain perawatannya butuh perhatian ekstra juga bisa terancam pidana sesuai undang undang PP No. 7 Tahun 1999, dan ada kententuan dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990. Jadi bagi sobat tipskucing yang tetap ingin memelihara harus dengan seizin BKSDA setempat ya.

Keyword yang disarankan :

makanan kucing hutan,gambar kucing hutan,harga kucing hutan,kucing hutan jawa,makanan kucing hutan kalimantan

Leave a Reply