Ciri Ciri Kucing Jamuran

Posted on

Salah satu kelebihan kucing adalah memiliki bulu yang indah dengan pola tertentu yang membuatnya sangat disukai banyak pemelihara hewan, apalagi untuk kucing ras seperti Persia atau Anggora yang memiliki bulu panjang dan lebat.

Tetapi dibalik keindahan bulu panjang nya tersebut kucing juga rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan kulit atau bulu yaitu penyakit jamuran pada kucing oleh karena itu ada baiknya juga sobat mengetahui apa saja ciri ciri kucing jamuran. Bagi yang belum tahu jamur yang paling sering menyerang kucing adalah spesies jamur yang bernama Microsporum canis.

Menangani penyakit jamur jika tidak tepat malah bisa membahayakan kucing kita oleh karena itu sobat harus tahu dulu apakah kucing benar benar terkena jamuran atau ternyata penyakit lain. Berikut ini beberapa ciri kucing yang terkena jamuran yang bisa dikenali semoga bisa membantu untuk bisa mengidentifikasi penyakit ini lebih awal :

Bulu Kucing Sering Rontok

Ciri yang mudah untuk dikenali adalah rontoknya bulu kucing secara berlebihan. Bagi sobat yang memperhatikan peliharaannya yang biasanya rontok hanya beberapa helai saja tiba tiba rontok berlebihan yang membentuk pola melingkar maka harus dicek apakah ada jamur yang menempel di kulit tubuhnya. Penyebab bulu kucing rontok berlebihan seperti ini tidak hanya bisa disebabkan oleh jamur ya, jadi sobat harus jeli membedakannya.

Bulu Kucing Terlihat Botak

Jika ciri seperti ini yang muncul maka sobat wajib membawa kucing ke dokter hewan ya karena jika pada tubuh kucing bulunya menipis bahkan botak / pitak di bagian tertentu sudah bisa dipastikan penyakit jamurnya sudah cukup parah. Kerontokan parah seperti ini biasa terjadi di bagian perut, wajah dan telinga si kucing. Tentu saja di anggota badan lainnya juga sangat mungkin tumbuh.

ciri ciri kucing jamuran

Apakah Jamur kucing menular ke manusia ?

Lalu apakah jamur pada kucing menular ke manusia ? jawabannya ya. jamur yang disebabkan oleh ringworm bisa menular ke manusia dengan ciri gejala munculnya lubang bulat kemerahan menyerupai kawah yang berisi air dan terasa sangat gatal. Namun bagian yang gatal ini jangan sampai digaruk jika idak ingin cepat menyebar ke anggota badan lainnya.

Jika memang ciri ciri diatas muncul usahakan kucing ditempatkan di tempat yang kering / sejuk karena jamur akan tumbuh berkembang biak jika disekitar kucing lembab, kurang bersih. Cara menyembuhkan kucing jamuran yang diakibatkan ringworm  ini juga tidak mudah karena harus dilakukan penyembuhan secara total supaya jamur tidak tumbuh kembali dan penting untuk diingat jika dalam rumah terdapat kucing lain maka harus diisolasi karena sangat cepat penyebarannya dengan berbagai media penularan.

Diusahakan untuk segera mungkin mengatasi kucing jamuran ini dan yang penting harus sampai tuntas baik itu dengan membawa ke dokter hewan maupun menghilangkan jamur pada kucing secara alami.

Nah demikian artikel semoga bisa bermanfaat untuk mengenali penyakit jamuran pada kucing lebih awal.

Keyword yang disarankan :

ciri ciri kucing terkena jamur,ciri ciri jamur pada kucing,ciri ciri kucing berjamur,ciri kucing terkena jamur,ciri kucing berjamur