Cara Merawat Anak Kucing Yang Benar

Posted on

Cara merawat anak kucing yang benar wajib diketahui para penggemar kucing, sebagaimana membesarkan anak kita sendiri jika perawatan anak kucing dilakukan dengan benar maka anak kucing akan tumbuh cepat dan sehat serta mudah diajak berinteraksi, baik itu pada anak kucing Kampung atau anak kucing persia. Jika merawat anak kucing dengan indukan tentunya tidak masalah tetapi khusus penggemar kucing juga dituntut untuk bisa merawat anak kucing yang baru lahir karena bisa saja induk kucing tidak bisa atau tidak mau merawat anak kucing.

Merawat anak kucing baru lahir memerlukan perhatian khusus karena bayi kucing tidak bisa diberikan makanan, berikan susu pengganti misalnya Cimicat yang banyak tersedia di klinik khusus hewan. Jangan sekali kali memberikan susu sapi ya sobat karena kandungan laktosa nya tidak bagus untuk anak kucing yang baru lahir. Gunakan pipet atau botol susu khusus bayi kucing untuk memudahkan pemberian susu.

Cara Merawat Anak Kucing Yang Benar
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah anak kucing yang baru lahir selama 2 minggu pertama akan selalu meminta makan 2-3 jam sekali, seiring waktu durasi jam meminta makan ini akan berkurang. Ini dikarenakan lambung pada anak kucing memiliki ukuran yang keicl sehingga sistem metabolisme nya cepat, jadinya kucing akan merasa lapar terus.

Begitu juga dengan suhu tubuh harus benar benar dijaga karena bayi kucing belum dapat mengatur suhu tubuh mereka sehingga jika diperlukan berikan penghangat khusus anak kucing. Konsultasikan juga dengan dokter hewan untuk jenis vaksin yang diperlukan khususnya untuk anak kucing yang tidak disusui induknya karena tidak mendapatkan antibodi alami dari susu induknya.

Usahakan untuk menjauhkan anak kucing dari hewan peliharaan lain dalam 2 minggu pertama, kecuali tentu saja dari induknya. Begitu pun dengan kita, jika memang tidak terlal penting tidak perlu memegang bayi kucing terlalu sering. Ini penting karena pada usia dibawah 2 minggu kekebalan tubuh anak kucing masih rendah. Pada usia pertama anak kucing akan lebih banyak tidur sehingga mungkin di ujung mata nya akan sering terlihat kotoran, bersihkan kotoran ini secara rutin dengan cotton buds yang dicelupkan ke air hangat.

kotoran mata anak kucing
Memelihara anak kucing tanpa induk memang bukanlah perkara mudah karena kita harus siap di posisi menggantikan induk kucing, tetapi dengan cara ini anak kucing bisa lebih akrab dengan pemiliknya.

Keyword yang disarankan :

cara merawat anak kucing yang benar

Leave a Reply