Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

In Tips dan Cara

Seekor anak kucing tidak boleh dipisahkan dari induknya sampai usia 5 minggu, oleh karena itu merawat anak kucing yang baru lahir bukanlah hal yang mudah karena bayi kucing memerlukan perhatian khusus. Merawat anak kucing dari sejak lahir ini bukan saja karena bayi kucing ditinggal induknya tetapi bisa juga karena sengaja memisahkan dari induknya untuk tujuan dijinakkan, biasanya dari jenis kucing liar.

Daya tahan tubuh anak kucing yang baru lahir sangat rendah oleh karenanya sangat membutuhkan nutrisi terbaik yang seharusnya didapatkan dari induknya langsung, jika tidak maka anak kucing akan sangat mudah terserang penyakit. Ada beberapa solusi yang bisa dicoba misalnya dengan  mencari induk kucing pengganti yang bisa sobat kucing dapatkan di peternak kucing misalnya atau dokter hewan.

Sebagai info saja untuk hewan kucing sendiri biasanya mau menyusui anak dari selain anak kucing itu sendiri. Tentu saja jika induk kucing tidak mau tidak bisa dipaksakan. Satu hal yang harus sobat kucing ketahui adalah anak kucing yang baru lahir akan sangat sulit untuk bertahan hidup tanpa perawatan dari induknya.

 

Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah lindungi anak kucing ini dari hawa dingin dengan cara menyimpan di tempat yang tidak ada angin dan selimuti seperlunya sampai di sekitar kucing menjadi hangat, bisa sobat perhatikan jika anak anak kucing dan induknya akan berdekatan saat menyusui untuk saling menghangatkan badan. Jika memang diperlukan bisa dipasang alat penghangat ruangan di dekat kucing. Jika anak kucing sudah berumur 5 minggu maka kucing sudah bisa menyesuaikan suhu tubuhnya.

Hal kedua, jika memungkinkan untuk membawa anak kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan kondisi bayi kucing karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah, mintalah nasehat dan masukkan dari dokter hewan perawatan bayi kucing yang benar.

Untuk memberi makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir bisa menggunakan eyedrops atau tetes mata dengan memberinya susu untuk anak kucing baru lahir, bisa juga membeli botol khusus untuk bayi kucing. Jangan langsung memasukkan susu kedalam mulutnya dikarenakan bisa membuat tersedak, biarkan susu dihisap oleh bayi kucing sesuai dengan kecepatannya.

Ingat juga untuk selalu mensterilkan peralatan makan kucing saat sebelum menggunakannya. Hangatkan susu kucing dan berikan secara teratur untuk 3 – 4 jam, pemberian makanan akan lebih sering dikarenakan sistem pencernaan kucing belum bisa bekerja dengan baik.

Jika anak kucing selesai makan maka bantu untuk bersendawa dengan cara menggendongnya di bahu lalu punggungnya ditepuk lembut sehingga angin yang tidak sengaja masuk ke pencernaan kucing bisa keluar. Untuk masalah buang kotoran juga wajib diperhatikan karena bayi kucing tidak bisa membersihkan anusnya. Untuk menjaga supaya anus anak kucing tetap bersih dan juga mendorong proses pembuangan kotoran, sobat bisa coba dengan tisu atau kain lembut yang dibasahi dengan air hangat lalu diusapkan ke bagian anus kucing.

Untuk membersihkan bayi kucing baru lahir bisa dengan mencuci bulunya dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat, sekaligus juga untuk mengajari cara membersihkan diri.

Memelihara bayi kucing sangat melelahkan dan butuh perhatian khusus namun akan setimpal dengan hasilnya. Menurut ahli hewan kucing yang dirawat dengan perhatian lebih cenderung lebih pandai.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Keyword yang disarankan :

anak kucing,bayi kucing,cara merawat kucing baru lahir yg ditinggal induknya dengan gambar
author
Author: 
    Foto Kucing Kawin
    Foto Kucing Kawin
    Bagi para pemelihara kucing yang belum pernah
    Kenapa Anak Kucing Agresif ?
    Kenapa Anak Kucing Agresif ?
    Apakah kamu tahu kenapa anak kucing agresif
    Food Dispenser Untuk Kucing
    Food Dispenser Untuk Kucing
    Food dispenser untuk kucing bisa jadi solusi
    Bolehkah Kucing Makan Tulang Ayam ?
    Bolehkah Kucing Makan Tulang Ayam ?
    Tidak sedikit orang yang memberikan makanan sisa
    Artikel Wajib Baca×

    Top