Cara Mengobati Kucing kena Flu atau Pilek

Posted on

Mengobati kucing kena flu atau pilek harus dilakukan segera setelah terdapat gejala penyakit tersebut pada kucing, terlebih pada kucing yang masih kecil karena sistem pertahanan tubuhnya masih lemah. Kucing juga bisa bersin atau flu seperti halnya manusia, penyebab yang paling umum adalah adanya infeksi virus dan bakteri. Bisa juga disebabkan iritasi pada rongga hidung kucing atau bahkan karena benda asing yang secara tidak sengaja menempel pada sinus.

Gejala Flu Kucing

Pada kucing dewasa gejala yang muncul biasanya tidak membahayakan seperti pilek dalam waktu yang lama. Kucing malas beraktivitas, lemah dan lesu. Nafsu makan kucing berkurang, batuk yang juga diikuti dengan mata merah dan selalu berair. Pada beberapa kucing juga menyebabkan sariawan sehingga kucing merasa kesakitan pada saat makan. Jika gejala yang muncul seperti demikian maka kemungkinan besar kucing terkena infeksi. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat disarankan untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan dan bantu dokter menceritakan semua gejala yang timbul.

cara mengobat kucing kena flu

Penularan Flu Kucing

Penularan flu pada kucing sama saja seperti flu pada manusia dimana bisa disebabkan karena kontak langsung ataupun tidak langsung. Seringnya menyebar melalui air liur dan cairan bersin yang mengandung virus, bisa juga karena kontak dengan tangan manusia. Karena itu pastikan mencuci tangan dengan sabun setelah menangani kucing yang sakit supaya tidak menular ke kucing lainnya. Jika kucing tertular flu tidak akan langsung muncul gejala seperti disebutkan diatas karena masa inkubasi flu kucing cukup lama yaitu 3 minggu. Artinya kucing tidak menunjukkan gejala sakit padahal sudah terinfeksi virus. Satu lagi yang perlu diperhatikan flu kucing ini tidak menular terhadap manusia.

Mengobati Flu Kucing

Pengobatan penyakit kucing yang satu ini harus disertai dengan diagnosis yang tepat dari dokter khususnya jika kucing terkena infeksi yang disebabkan bakteri dan sayangnya obat kucing pilek flu sampai saat ini belum ada, hanya penanganan dokter hewan dengan gejala yang ada. Sedangkan untuk bersin biasanya akan diberikan obat berbentuk tablet. Jika kucing hanya terkena flu biasa yang terinfeksi dari virus maka yang bisa dilakukan adalah dengan perawatan rutin dan diusahakan kucing harus makan.

Jika diperlukan dokter hewan juga memberikan obat seperti penurun panas, obat untuk menghilangkan lendir atau melegakan pernafasan. Jika kondisi fisik / kekebalan tubuh kucing bagus biasanya penyakit ini akan sembuh sendiri dalam waktu maksimal 3 minggu.

Untuk mencegah kucing terkena flu perlu dikonsultasikan ke dokter hewan apakah diperlukan penambahan vitamin atau suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Jika kucing anda masih kecil ingat juga untuk selalu melakukan vaksinasi sesuai jadwal yang disarankan dokter hewan. Jika sudah dewasa biasa vaksinasi kucing dilakukan tiap tahun, dengan vaksinasi tentu saja tidak menjamin kucing tidak akan terkena penyakit tetapi setidaknya pada saat nanti terkena penyakit misalnya flu akan lebih sembuh.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat tips kucing.

Keyword yang disarankan :

obat flu kucing tradisional,cara mengobati kucing flu,obat flu kucing,cara mengobati kucing yg kena flu,obat untuk kucing flu atau bersin2

Leave a Reply