Cara Mengatasi Kucing Jamuran

Posted on

Sebelum mengatasi kucing jamuran sobat tipskucing harus tahu dulu apa saja ciri ciri atau gejala kucing yang terkena jamuran atau sering juga disebut ringworm, ciri yang paling umum adalah bulu kucing menjadi rontok yang biasanya berbentuk pola melingkar dan muncul benjolan kasar. Kerontokan ini bisa muncul di hampir semua bagian tubuh kucing termasuk juga telinga dan ekor. Ringworm pada kucing biasanya juga menyebabkan lapisan kulit mengelupas sehingga menyerupai ketombe yang jatuh.

Jamur ringworm ini bisa tumbuh subur jika lingkungannya jarang dibersihkan misalnya saja pada kucing yang jarang dimandikan, juga tumbuh subur di kulit yang selalu lembab. Jamur pada kucing sangat berbahaya karena bisa menular kepada manusia dan tidak adanya antibodi untuk ringworm yang artinya jika seekor kucing sudah pernah terkena penyakit ini lalu sembuh, tidak menutup kemungkinan kedepannya jamur akan tumbuh lagi di tempat yang sama.

Ciri kucing jamuran

Media penularan ringworm pada kucing bisa melalui bulu atau kulit kucing yang terkelupas dan mengandung spora. Karena Spora ini berbentuk sangat kecil maka bisa menempel di lantai, tempat makanan, tempat tidur, kandang dan lainnya.

Jika Ringworm Jamur Kucing tertular ke manusia biasanya gejala yang timbul adalah munculnya bentol bulat kemerahan dan mengandung air didalamnya. Jika memang sobat terjangkit seperti ini usahakan untuk tidak menggaruk nya walaupun terasa sangat gatal karena bisa mempercepat pertumbuhan ringworm di bagian tubuh lainnya. Oleskan salep dengan bahan dasar ketoconazole, semakin cepat salep tersebut diberikan semakin bagus.

Mengatasi Jamur Kucing Ringworm

Proses penyembuhan ringworm baik pada kucing atau jika tertular pada manusia harus dilakukan secara total yang artinya kita harus memutus daur hidup jamur ringworm karena jika tidak maka jamur ini akan sulit untuk dibasmi. Pisahkan kucing yang terjangkit ringworm supaya penyakit tidak menyebar ke kucing lainnya, begitu juga dengan peralatan yang dipakai untuk kucing harus dipisah pemakaiannya tidak boleh berbarengan dengan kucing lainnya.

shampo obat kucing jamuranGunakan shampo medicated khusus misalnya shampo malaseb atau yang berbahan dasar ketoconazole 2% untuk mengatasi jamur kucing dan pastikan semua bagian kulit kucing yang terkena jamur harus dibersihkan dengan shampo. Jika tidak memungkinkan lebih baik bulu kucing dicukur terlebih dahulu.

Mengatasi Ringworm pada kucing dengan Salep

Bisa juga penyembuhan dengan menggunakan salep atau bedak sobat bisa dapatkan dari toko petshop, kelebihannya kita bisa memfokuskan pengobatan hanya di bagian yang terkena jamur saja. Sedangkan kelemahan menggunakan beda yaitu kucing bisa dengan mudah menjilat bagian tubuh yang sedang diberi salep.

Mengatasi Ringworm pada kucing dengan Obat Minum

Jika tidak cocok dengan cara diatas bisa juga dicoba dengan diberikan obat minum tetapi harus dengan resep dokter karena hampir semua obat memiliki efek samping setelah penggunaannya. Obat minum yang bisa digunakan untuk jamur pada kucing yaitu Ketoconazole, Griseofulvin dan Itraconazole. Semua obat tersebut memiliki efek samping yang kurang baik untuk kucing. Efek samping yang umum dari obat obatan tadi yaitu mual, muntah dan kucing tidak nafsu makan.

Mengatasi Ringworm pada kucing dengan Suntikan

Tentu saja ada cara yang paling praktis adalah dengan suntik tetapi harus dilakukan oleh dokter hewan, hanya dengan 2 suntikan saja jamur pada kucing bisa hilang. Dosis atau takaran Ivermectin/Ivomec/doramecti harus diberikan sesuai dengan umur kucing supaya tidak menimbulkan efek samping. Untuk biaya sendiri saat ini sekitar 50 ribu per sekali suntik.

Terakhir pastikan kucing sebelum masuk ke dalam rumah bebas dari jamur dan berikan vitamin yang diperlukan supaya daya tahan tubuh kucing, vitamin D bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Keyword yang disarankan :

cara menghilangkan jamur pada kucing secara alami,cara menghilangkan jamur pada kucing,jamur pada kucing,kucing jamuran,Ciri ciri kucing jamuran

Leave a Reply