Cara Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok

Posted on

Apakah sobat tipskucing sudah tahu bagaimana cara mengatasi bulu kucing yang rontok ? bulu kucing sebenarnya normal jika rontok asalkan masih dalam batas kewajaran kira kira beberapa kali dalam sebulan dengan jumlah yang sedikit maka sobat tidak perlu khawatir. Pada kucing yang normal bulu akan rontok dikarenakan adanya regenerasi sel sel bulu dimana bulu yang lama akan digantikan dengan bulu yang baru.

Tetapi jika kerontokan terjadi lebih sering dan tidak normal maka perlu dicek mungkin ada yang salah dengan kucing kesayangan anda. Ada banyak sekali kemungkinan penyebab bulu kucing bisa rontok berikut ini diantaranya :

  1. Jika suhu atau kondisi lingkungan cukup panas maka bisa jadi ini penyebab utama bulu kucing rontok. Usahakan sirkulasi udara dibuat semaksimal mungkin supaya suhu ruangan tidak terlalu panas. Pada lokasi yang dingin bulu kucing cenderung berbulu lebat dan panjang seperti bulu kucing anggora untuk mempertahankan suhu tubuh. Demikian juga berlaku sebaliknya jika lingkungan panas.
  2. Bulu / rambut kucing jarang disisir atau istilahnya di grooming. Biasanya untuk kucing di grooming tiap 2 hari sekali.
  3. Jika kucing jarang dimandikan maka mulailah sering sering memandikan kucing, mandikan setidaknya 3 minggu hingga sebulan sekali. Jika perlu gunakan juga shampo anti rontok untuk mengurangi rontok nya bulu.
  4. Bulu kucing rontok dikarenakan penyakit yang disebabkan jamur, harus diperiksakan ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab jelas nya. Apalagi jika kucing menunjukkan gejala tidak sehat atau kucing tidak mau makan.
  5. Usia kucing sudah lanjut, adalah hal yang normal jika kucing usia lanjut mengalami bulu rontok yang lebih banyak. Oleh karena itu berikan vitamin yang cukup supaya kondisi bulu kucing tetap sehat.
  6. Bulu Kucing yang selalu lembab juga bisa menyebabkan kerontokan karena kulit yang lembab akan menjadi tempat jamur (Ringworm) berkembang biak. Tetapi jika terlalu kering juga bisa membuat kulit kucing menjadu rapuh, solusinya tempatkan kandang kucing di tempat yang sejuk.

Selain hal diatas perhatikan juga makanan kucing yang diberikan ya, makanan kucing yang murah biasanya tidak mengandung semua protein yang diperlukan untuk pertumbuhan bulu kucing, berikan vitamin dan nutrisi tambahan khususnya yang berhubungan dengan bulu yaitu vitamin A dan E.

Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok
Image dari askthecatdoctor.com

memandikan kucing bulu rontok

Memandikan kucing

Tetapi jangan sampai kelebihan asupan vitamin juga karena bisa menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Penyebab lain dari kulit kering pada kucing yaitu karena tungau yang biasa menyerang kucing dan biasanya tinggal di bawah kulit dan menyrap cairan pada kulit sehingga menjadi kering. Perlu diperhatikan juga pada bulu kucing betina kerontokan mungkin juga disebabkan siklus periodik reproduksi kucing.

Keyword yang disarankan :

cara membuat kucing gemuk dan bulu lebat,cara kucing membuat anak,foto kucing yg bulu nya rontok,menangani kucing bulunya rontok,mengatasi bulu rontok pada kucing persia sebulan sesudah melahirkan

Leave a Reply