Cara Menenangkan Kucing Stress

Posted on

Menenangkan kucing stress terdengar sangat aneh karena mungkin saja bahkan pemelihara kucing sekalipun mungkin saja belum tahu kalau kucing bisa stress juga layaknya manusia. Sekedar info saja kucing juga memiliki perasaan atau emosi seperti kita yang tentunya juga bisa merasakan depresi dan efeknya kurang lebih sama yaitu tidak baik untuk kesehatan jika dibiarkan terus menerus.

Dibawah ini ada beberapa faktor yang berkaitan sehingga memungkinkan menjadi penyebab kucing stress serta bagaimana juga solusinya, dengan mengetahui hal dibawah ini sobat akan lebih mudah untuk mencari apa pemicu kucing bisa stress

Makanan Kucing

Pernah tidak ada yang merasa bosan jika setiap hari diberi makanan yang itu itu saja sampai kita merasa stress, begitu juga dengan kucing yang mungkin saja menurut sebagian pecinta kucing hanya asal kucing kenyang, faktanya tentu tidak seperti itu. Selain asupan makanan kucing yang diperlukan juga beragam, jika diberikan makanan yang sama tiap harinya bisa jadi kucing stress. Coba ganti makanan kucing bisa memang dari bahan utamanya atau bisa juga dari jenis makanan basah / keringnya. Tentunya yang harus diperhatikan juga adalah nutrisinya apakah memenuhi kebutuhan si kucing atau tidak.

warondiabetes.org/2014/11/13/diabetes-stress-2/stressed-cat/

Pasangan dan Mainan Kucing

Kucing pada dasarnya memiliki naluri untuk mengeksplorasi sekitarnya termasuk untuk masalah pasangan. Pada kucing yang dipelihara hanya di dalam rumah saja atau mungkin dikurung di kandang akan sangat membosankan dan bisa membuat depresi. Solusinya tidak ada lagi selain mencarikan teman bermain supaya si kucing tidak bosan terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan alami kucing jantan dan betina yaitu untuk kawin, coba perhatikan jika si kucing ingin kawin melalui perilakunya. Jika memang dipelihara hanya didalam rumah saja pastikan area bermain dan alat alat yang biasa digunakan kucing tersedia sehingga tidak membuat kucing depresi terus menerus di dalam rumah.

Penyakit Kucing

Normalnya untuk seekor kucing adalah sering menjilati bulu bulunya untuk membersihkan diri dan terkadang suka mengeong untuk meminta perhatian majikannya, tetapi jika si kucing sedang menderita penyakit yang bisa menimbulkan rasa sakit biasanya kucing akan bersikap pasif dan lebih memilih untuk menyendiri dan akhirnya menjadi depresi. Kucing stress karena penyakit akan lebih mudah dikenali jika pemilik kucing cermat mengenali perubahan kebiasaan kucing.

Perlu diketahui juga ada beberapa kucing stress yang solusinya tidak cukup hanya dengan yang disebutkan diatas. Untuk kucing yang mengalami depresi berkelanjutan mungkin harus diberi obat anti depresi.

Leave a Reply