Cacing Pita Pada Kucing

Posted on

Parasit bisa tumbuh didalam pencernaan kucing misalnya saja seperti cacing pita yang sangat berbahaya karena cacing ini merupakan salah satu jenis parasit yang bisa tumbuh di pencernaan kucing dan menyebabkan pertumbuhan kucing terganggu. Jika kucing sobat tipskucing terserang penyakit cacing pita, kemungkinan tidak akan selalu menunjukkan seperti kucing yang sedang sakit. Gejala yang biasa muncul adalah mencret dengan disertai darah, jika penyakit sudah parah bisa mengakibatkan infeksi usu, kurang gizi dan penyumbatan usus.

Hampir setengah dari populasi kucing bisa terserang penyakit ini. Solusi dari penyakit ini adalah dengan memberi obat penyakit kucing. Terdapat beberapa jenis cacing pita yang biasa menyerang kucing yaitu Taenia taeniaeformis, Echinococcus multilocularis dan Dipylidium caninum. Sesuai dengan namanya jenis cacing ini bentuknya pipih seperti pita dengan panjang bisa mencapai 70 cm.

Cacing Pita Pada Kucing
Image from catsofaustralia.com

Cacing Pita Pada Kucing bisa menempel pada dinding usus sehingga usus bisa luka atau mengalami penyumbatan usus. Banyak obat cacing pita terdapat di pasaran baik dalam bentuk tablet atau cair tetapi harus diperhatikan dosis yang diberikan harus sesuai dengan kucing sobat ya dan selalu diingat untuk tidak memberi obat cacing ke kucing yang sedang hamil karena bisa mengganggu pertumbuhan bayi kucing.

Obat Cacing Pita Pada Kucing

Memberikan obat cacing pita ke kucing butuh perjuangan karena pastinya kucing tidak suka rasanya yang pahit, beberapa jenis obat yang disarankan yaitu :

  • Vermox
  • Combantrin (pfizer)
  • Drontal Plus (bayer)
  • Drontal Cat (bayer)

Berikan dosis yang tepat sesuai dengan usia / berat badan yang biasanya disertakan di pembelian obat ini atau bisa juga berdasarkan saran dari dokter hewan.

Keyword yang disarankan :

jenis cacing pada kucing

Leave a Reply