21 Fakta Unik Tentang Kucing Yang Jarang Diketahui

Posted on

Banyak sekali fakta unik tentang kucing yang jarang diketahui sekalipun oleh pecinta atau pemelihara kucing yang menyangkut kebiasaan, cara makan, berburu ataupun fakta yang berhubungan dengan anatomi hewan ini. nah berikut dibawah ini adalah 21 fakta menarik tentang kucing :

  1. Seekor kucing yang hidup di luar rumah bisa menandai jarak sekitar 5 – 7 km daerah kekuasaannya, setiap hari mereka bisa meninggalkan jejak berupa bau untuk menandai wilayahnya.
  2. Faktanya orang lebih banyak memelihara kucing dibandingkan memelihara anjing.
  3. Semua kucing secara alami saat dilahirkan akan membawa gen / sifat induknya
  4. Kebanyakan kucing dewasa tidak memiliki enzim yang cukup untuk bisa mencerna susu
  5. Saat tidur merupakan bagian terpenting dari seekor anak kucing untuk tumbuh berkembang karena pertumbuhan mereka terjadi saat tidur.
  6. Tanda anak kucing sudah mencapai kedewasaan yaitu dengan lepasnya 26 gigi susu mereka dan digantikan dengan 30 gigi permanen.
  7. Gigi permanen anak kucing tumbuh saat mereka berusia sekitar 12 sampai 18 minggu.
  8. Anak kucing sebenarnya telah memiliki insting berburu meskipun masih berusia muda. Mereka tidak sekedar memakan makanannya begitu saja, namun mengujinya dengan hati-hati terlebih dahulu dengan menggunakan cakarnya, sama halnya dengan seekor binatang membawa hasil pemburuannya, untuk memeriksa apakah itu sudah aman untuk didekati atau tidak.
  9. Kucing lebih aktif selama pagi dan petang (Senja dan fajar/shubuh) karena waktu tersebut merupakan saat yang paling baik untuk berburu.
  10. Saat kucing berburu, kumisnya bergerak ke depan untuk mendapatkan informasi tentang mangsanya, ini supaya mereka mudah mengikuti mangsa.
  11. Seperti antena, kumis kucing mempunyai kemampuan untuk mengetahui gerakan yang ada dekatnya.
  12. Kumis kucing cukup peka mengetahui perubahan paling kecil sekali pun perubahan udara dan tekanannya, juga bisa untuk mendeteksi akan datangnya badai.fakta unik kucing
  13. Kapanpun kucing mendengkur, itu tanda mereka mengekspresikan emosinya, tetapi emosi ini bisa berupa rasa bahagia ataupun rasa sakit.
  14. Kucing jinak/peliharaan di ruman biasanya tetap menjaga ekornya tegak lurus keatas saat berjalan sedangkan kucing liar membiarkan ekornya mendatar atau menyelipkan diantara kedua kaki belakangnya.
  15. Kucing berjalan menggunakan 2 kaki depan dan 2 kaki belakang, itu sama seperti unta dan jerapah
  16. Jika seorang manusia memiliki 206 tulang di seluruh tubuhnya, rata-rata kucing memiliki 244 tulang dan 60 ruas tulang belakang. Hampir semua tulang-tulang kucing ditemukan di ekornya sehingga memberikan efek fleksibel pada bagian ekor
  17. Seekor kucing memiliki 517 otot yang memungkinkan mereka dalam menggerakan tubuhnya ke depan dan kebelakang dalam arah yang berlawanan sehingga memudahkan saat berburu makanan.
  18. Kucing memiliki 26 ekspresi wajah dan bagian dari otaknya yang menyampaikan emosi sama halnya dengan manusia.
  19. Manusia hanya memiliki 6 otot untuk menggerakan telinganya, telinga kucing memiliki tiga puluh dua otot untuk mengontrol telinganya bahkan bisa berputar 180 derajat.
  20. Kucing hanya memiliki 473 pengecap pada lidah untuk memberi mereka sensasi rasa namun tidak seperti manusia yang mempunyai 9000. Pengecap pada lidah mereka terdapat pada ujung lidah mereka.
  21. Jantung kucing berdetak 2 sampai 3 kali lebih cepat dibandingkan manusia yaitu 150 sampai 210 kali per menit bandingkan detak jantung manusia yang hanya 60 sampai 80 kali per menit.